Daftar Majalah-Majalah di Turki yang Harus Anda Ketahui

Turki merupakan sebuah negara yang kebebasan pers dan medianya masih banyak terkekang oleh pemerintah yang ada. Hal tersebut menyebabkan banyak media dan pers yakni majalah, koran, televisi dan masih banyak lagi terkekang dan tidak dapat menuliskan berita yang bermacam-macam dan tentunya tidak boleh berita yang terlalu menjelek-jelekkan pemerintahan Turki. Maka dari itulah tidak mengeherankan bila banyak penulis maupun editor dari sebuah majalah ataupun koran yang ditangkap oleh kepolisian Turki akibat berita yang disebarluaskan dianggap menjelek-jelekan pemerintahan Turki. Saat ini, menurut https://multibet88pro.com Turki menduduki peringkat ke 155 dalam indeks kebebasan pers RSF alias Reporters Without Borders yang posisinya tersebut berada di bawah negara Republik Demokratik Kongi dan Belarus.

Tentunya di Negara Turki ini terdapat banyak majalah yang beredar di negara tersebut Terdapat pula majalah opposisi pemerintah dan pembela pemerintah. Berikut ini adalah 3 majalah yang terbit dan  beredar di Negara Turki ini:

  1. Majalah Nokta

Majalah Nokta merupakan majalah oposisi permerintahan di Turki. Sudah jelas, karen amajalah ini merupakan sayap kiri Turki, bahasan pada majalah tersebut banyak mengkritik pemerintahan yang ada di Turki. Puncaknya pada 14 September 2015 yang lalu, kepolisian Turki mengerebek kantor dai mahalah Nokta ini karena sampulnya yang merupakan foto presiden Turki, yakni  Presiden Tayyip Erdogan yang berpose tersenyum sambil melakukan swafoto di depan peti mati seorang prajurit. Akibat dari permasalahan tersebut, Kantor Kejaksaan Istanbul Truki akhirnya melarang pendistribusian dan penyebaran dari edisi terbaru Majalah Nokta setelahnya karena dituduh telah menghina Presiden Turki. Editor dari majalah tersebut sempat ditahan beberapa jam namun akhirnya tetap dibebaskan. Saat ini majalah Nokta ini sudah tidak terbit lagi di Turki.

  1. Majalah Ala

Berbeda dengan Majalah Nokta yang merupakan majalah oposisi pemerintahan, Majalah Ala ini merupakan majalah mode alias fashion yang tidak berhubungan dengan oposisi ataupun tangan kanan dari pemerintahan Turki. Majalah Ala ini menargetkan pasaran pada para wanita karir beragama Islam yang memakai jilbab. Dalam satu tahun setelah pertama kali terbit, majalah Ala ini telah menarik banyak perhatian para pelanggan dan berhasil menguncang dunia mode di Turki. Dibalik kesuksesan majalah Ala ini adalah seorang perempuan bernama Hulya Aslan yang masih berusia 24 tahun.Walaupun bisa dibilang sukses, namaun majalah Ala ini tidak lepas dari kritik yang dilontarkan oleh banyak media pro-Islamis yang menganggap bahwa majalah Ala ini merusak prinsip Islam yang memerintahkan perempuan muslim berpakaian sederhana saja.

  1. Turkish Business Magazines

Berbeda dengan kedua majalah di atas, majalah Turkish Business Magazine ini membahas pada ekonomi dan juga kehidupan bisnus du Turki. Terdapat banyak majalah dari majalah-majalah bisnis Turki ini, diantaranya ada Majalah Capital, Majalah Ekonomist, Majalah CEO Life, Majalah Platin dan masih banyak lagi. Tentunya sasaran dari berbagai majalah ekonomi dan bisnis Turki ini adalah para pengusaha dan beberapa investor dari http://bengkelbola.org di Turki guna membangun bisnisnya semakin maju lagi di Negara Turki tersebut.

Demikianlah itu tadi merupakan tiga majalah yang terbit dan beredar di Negara Turki yang setidaknya harus Anda ketahui dari berbagai majalah-majalah yang ada di negara tersebut. Memang walaupun bisa dibilang kebebasan media dan pers di negara Turki ini tergolong rendah, namun beberapa majalan dan media lainnya ini masih dapat mempertahankan eksistensinya di Turki dengan tentunya memegang etika pers yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *