Melatih Kemampuan Baca Anak Lewat Majalah Anak

Bahan bacaan anak merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Bagaimana tidak, dengan membaca, anak-anak dapat dilatih untuk meningkatkan daya imajinasi dan tingkat kecerdasannya akan cenderung mengalami peningkatan. Salah satu bahan bacaan yang baik untuk anak ialah majalah anak. Majalah anak mengandung dua komponen yang memang dibutuhkan pada usia dini. Yakni mengenai informasi-informasi pengetahuan maupun tentang permainan-permainan. Dan, majalah anak menyeimbangkan keduanya dengan porsi yang cukup dan pas untuk anak.

Namun, disisi lain, keberadaan majalah anak-anak merupakan sesuatu hal yang langka dan jarang untuk ditemukan. Kebanyakan dari majalah-majalah yang beredar di Indonesia ialah majalah-majalah tentang bisnis, maupun tentang informasi-informasi yang tidak sesuai untuk dijadikan bahan bacaan untuk anak-anak dibawah umur. Akan tetapi, sesuatu hal yang langka bukan berarti tidak ada. Ada beberapa majalah-majalah anak yang sering dijadikan pilihan sebagai bahan bacaan untuk anaknya dari para orang tua. Majalah-majalah tersebut antara lain:

1. Majalah Bobo
Siapa yang tidak mengenal majalah yang satu ini? Jika ditanya mengenai majalah anak-anak, majalah Bobo pastilah majalah yang disebutkan pertama kali oleh kebanyakan orang. Majalah Bobo merupakan majalah anak-anak yang telah eksis di Indonesia sejak 14 April 1973. Awalnya, majalah ini berkolaborasi dengan Majalah Bobo Belanda, namun menjadi Majalah Bobo yang berdiri sendiri seiring berjalannya waktu. Pada awalnya, majalah Bobo yang terbit hanya tersusun dari 16 halaman saja dan kertas yang digunakan ialah kertas Koran biasa. Akan tetapi, majalah Bobo merupakan majalah anak-anak pertama di Indonesia yang terbit dengan penuh warna atau full colour. Majalah Bobo terbit seminggu sekali dan biasanya terbit setiap hari Kamis. Banyak orang tua dan dewasa yang bergabung di http://citipoker88.com sewaktu masa mudanya sering membaca majalah ini.

2. Majalah Anak Mombi
Majalah anak yang lainnya ialah Majalah Anak Mombi. Majalah Anak Mombi ini biasanya diperuntukkan bagi anak-anak yang berusia antara 3 hingga 7 tahun atau anak-anak yang berada pada usis TK. Majalah ini memiliki informasi-informasi yang dapat mengasah kemampuan motoric anak. Selain itu, majalah ini juga menyediakan kertas warna-warni yang diperuntukkan untuk anak-anak sebagai latihan dalam melipat kertas dan mengasah kemampuan fisik anak.

3. Majalah XY Kids
Majalah ini merupakan majalah anak-anak yang terbit dua minggu sekali setiap hari kamis. Majalah ini diperuntukkan bagi anak-anak yang berusia 8 tahun keatas. Majalah ini selain berisikan ilmu-ilmu pengetahuan untuk anak-anak, juga berisikan hiburan dan permainan untuk anak-anak. Akan tetapi, jika dilihat dari materi-materi informasi yang tersedia, Majalah XY Kids ini lebih cocok diperuntukkan untuk anak-anak laki-laki dibandingkan untuk anak-anak perempuan.
Mengasah kebiasaan membaca bagi anak-anak merupakan langkah yang sangat tepat. Hal ini dikarenakan membaca merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat baik untuk anak-anak maupun untuk anak pada usia dewasa nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *