Cara Memulai Majalah Online Anda Sendiri di 2022

Cara Memulai Majalah Online Anda Sendiri di 2022

Cara Memulai Majalah Online Anda Sendiri di 2022 – Jadi, Anda sedang berpikir untuk membuat majalah digital . Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan tentang mulai dari mana, perangkat lunak apa yang digunakan, bagaimana mendistribusikannya , dan banyak lagi. Panduan ini akan menyentuh semua poin tersebut dan menyoroti faktor lain yang mungkin tidak Anda pikirkan. Setelah membaca ini, Anda akan siap untuk mengambil langkah selanjutnya untuk menjadi penerbit digital.

Cara Memulai Majalah Online Anda Sendiri di 2022

1. Majalah digital versus majalah online

Sayhadergi – Pertama-tama, ada banyak istilah yang beredar (majalah digital, majalah online, ezine, webzine, edisi digital, publikasi digital, aplikasi majalah, dll.). Mungkin sulit pada awalnya untuk melewati semua istilah, jadi mari kita mulai dengan menjernihkannya.

Apa itu majalah digital?

Secara sederhana, majalah digital memiliki banyak karakteristik yang sama dengan majalah cetak, namun menggunakan teknologi penerbitan digital sehingga dapat dikonsumsi pada perangkat elektronik seperti komputer, tablet, atau ponsel.

Ada banyak keuntungan menggunakan majalah digital . Penghematan besar-besaran pada biaya pencetakan dan ramah lingkungan adalah yang paling jelas. Tergantung pada teknologi yang digunakan, majalah digital juga dapat memiliki manfaat estetika dan fungsional. Misalnya, mereka mungkin berisi animasi, hyperlink, video, dan konten dinamis lainnya.

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa majalah digital pertama sebenarnya diproduksi pada 1980-an! Diskzines (atau diskmags) adalah majalah yang didistribusikan di floppy disk melalui pos dan dibaca di komputer. PCLife adalah salah satu yang pertama membuat majalah dalam format ini. Majalah adalah program yang dapat dieksekusi yang mencakup musik, animasi, dan berbagai bentuk multimedia.

Pada pertengahan 1990-an floppy disc sebagian besar digantikan oleh CD-ROM yang dapat menyimpan lebih banyak data. Dan pada tahun 2000-an, sebagian besar majalah digital pindah online.

Apa itu majalah online?
Majalah online (atau ezines, e-zine, eMagazines, webzines) adalah majalah digital yang di-host, didistribusikan, dan dibaca secara online. Sementara mereka berbagi beberapa karakteristik dengan surat kabar dan blog online, pendekatan editorial tetap lebih seperti majalah tradisional.

Karena biayanya yang rendah dibandingkan dengan cetak, majalah online dapat dilihat sebagai teknologi yang mengganggu . Banyak penerbit majalah telah membuat edisi online majalah mereka (disebut sebagai edisi digital ), atau beralih secara eksklusif ke format digital.

Kemudahan relatif dalam memproduksi majalah online digital juga telah membuka ruang penerbitan digital, memungkinkan hampir setiap orang untuk membuat, menerbitkan, dan mendistribusikan majalah online mereka dan mencapai pembaca yang luas.

Baca Juga : Sampul Majalah Terbaik Tahun 2021

Untuk sisa artikel ini, kita akan menggunakan istilah “majalah online” dan “majalah digital” secara bergantian karena hampir semua majalah digital sekarang online.

Jenis majalah digital

Saat ini, majalah online dapat ditemukan dalam berbagai format. Mereka dapat berupa publikasi mandiri di web seperti ini dari Nestle , dapat berupa aplikasi asli untuk iOS atau Android seperti ini dari Economist , atau dapat menjadi bagian dari layanan berlangganan majalah seperti Zinio atau Kindle Kios.

Di bawah ini, kita akan berbicara tentang berbagai jenis majalah digital dan menilainya berdasarkan upaya yang dilakukan masing-masing untuk membuat dan dampak yang mungkin dihasilkannya.

Majalah Flash

Flash adalah teknologi yang awalnya dibuat oleh Macromedia dan kemudian dibeli oleh Adobe. Itu adalah format populer untuk banyak majalah online di awal 2000-an karena dapat memfasilitasi multimedia yang kaya dan mensimulasikan pergantian halaman, seperti di majalah cetak.

Namun, Flash sebagai teknologi telah menurun secara signifikan , dan banyak perangkat utama (seperti iPad) tidak lagi mendukungnya. Jika Anda berencana membuat majalah online, Anda mungkin ingin menghindari Flash karena dukungan yang minim.

Majalah PDF

Majalah online lainnya menggunakan PDF . Ini adalah solusi yang mudah dan murah, apalagi jika Anda sudah memiliki majalah cetak. Dengan PDF, Anda dapat membuat replika persis dari edisi cetak Anda, dan hampir semua perangkat lunak desain dapat dengan mudah mengekspor ke PDF .

Namun, ada beberapa kelemahan besar menggunakan PDF .

Khususnya, PDF adalah dokumen tata letak tetap yang dimaksudkan untuk dicetak, artinya majalah yang terlihat oke di desktop adalah:

Sulit dibaca di perangkat seluler
Biasanya perlu memperbesar dan menggeser
Di era mobile-first, kebanyakan orang tidak ingin repot melihat sesuatu yang tidak sesuai dengan layar mereka.

Selanjutnya, PDF mengharuskan Anda untuk mengunduhnya sebelum melihatnya. Ini sudah menjadi penghalang bagi pengguna desktop, tetapi untuk pengguna seluler, mengunduh file dan kemudian menemukannya di penyimpanan lokal ponsel Anda tetap menjadi tugas yang hampir asing.

Terakhir, menghasilkan pendapatan, prospek, atau pelanggan dengan PDF itu sulit karena Anda tidak dapat mengontrol distribusinya atau mengukur dampaknya. Setelah diunduh, pembaca dapat dengan bebas mendistribusikannya ke teman-teman mereka dan Anda tidak dapat mengumpulkan data tentang bagaimana pembaca berinteraksi dengan mereka.

Share with:


Informasi Majalah