Perbedaan Majalah Dengan Koran Yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan Majalah Dengan Koran Yang Harus Anda Ketahui

Majalah dan koran merupakan jenis sumber informasi yang dibalut dalam media cetak. Kedua sumber iniformasi ini sangatlah bermanfaat untuk menambah pengetahuan orang yang membacanya. kedua jenis sumber informasi ini bisa anda dapatkan dengan mudah di sekitar anda. Keberadaan koran dan juga majalahsudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia atau bahkan di luar negeri. Tidak heran jika sumber informasi ini sangat popular dan banyak diminati oleh kebanyakan orang unuk dibaca. Selain persamaan antara kedua jenis sumber informasi tersebut, ternyata koran dan majalah memiliki perbedaan tersendiri. Penasaran apa saja perbedaan diantara keduanya? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan dan penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan pertama yang bisa anda lihat adalah jika dalam majalah isinya adalah pandangan tentang topik yang sesuai dengan fakta yang layak untuk khalayak umum ketahui. Topik ini bisa membahas sesuatu yang sedang banyak diperbincangkan atau yang keberadaannya sangat sulit untuk ditebak dan perlu untuk dipercahkan. Sedangkan koran berisi berita-berita terkini yang layak untuk diketahui oleh kebanyakan orang,seperti berita tentang poltik, berita tentang criminal, berita tentang ekonomi, dan lain sebagainya. Jadi majalah dunia berisi tentang pengetahuan dan informasi sesuai dengan topik, sedangkan koran berisi berita terkini dan actual yang mencangkup sosial, politik, ekonomi, berita umum lainnya. Perbedaan yang kedua adalah jika dalam majalah bisa terbit dalam periode tertentu. Periode inilah yang biasa kita sebut dengan edisi.

Baca Juga : Pentingnya Majalah Sebagai Sumber Informasi Dalam Segala hal

Edisi ini biasanya dalam kurun waktu satu minggu, dua minggu,satu bulan, atau bahkan satu semester. Setiap edisinya juga memiliki tema atau topik yang berbeda-beda. Dengan topik dan pembahasan yang berbeda-beda inilah yang menjadi daya tarik pembaca untuk selalu menunggu edisi dari suatu majalah. Berapa lama periode edisi tersebut tergantung dari kebijakan para jajaran redaksi dalam suatu majalah tersebut. Sedangkan dalam koran, biasanya terbit setia hari. Inilah hal yang istimewa dari koran. Karena koran dapat memberikan informasi up to date yang actual setiap harinya. Namun ada pula koran yang hanya diterbitkan setiap minggu saja. Namun pada umumnya, koran diterbitkan setiap hari untuk memberikan informasi terkini untuk masyarakat.

Demikian penjelasan mengenai beberapa perbedaan dari majalah tempo dan koran yang mana kedua sumber informasi tersebut sangat popular dan terkenal di kalangan masyarakat dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan serta informasi bagi orang yang membacanya. Dari ulasan dan penjelasan di atas bisa dibayangkan bukan, betapa asyiknya membaca sambil mendapatkan pengetahuan dan informasi yang terkini dan hangat? Walaupun majalah dan koran merupakan dua sumber informasi yang berbeda, namun keduanya sama-sama memberikan manfaat kepada masyarakat dalam memberikan informasi dan pengetahuan yang layak untuk dikonsumsi.

Share with:


Baca Online Informasi Majalah